1 Komentar

MENGAPA KITA HARUS BANGGA DAN CINTA TANAH AIR (Softskill)

indonesia_by_ninabubhu-d84j670

Ada pepatah yang mengatakan dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Bagaimana menurut Anda pepatah ini? Apakah karena kita tinggal di Indonesia lantas kita mencintai Indonesia? Apakah hanya sebatas itu rasa kecintaan kita pada negara kita ini?

Ada banyak orang yang mengatakan,”Apa yang mau dibanggakan dari Indonesia ini, lihat saja kasus korupsi yang semakin merajalela, kriminalitas yang semakin meresahkan masyarakat, belum lagi demonstrasi dimana-mana.” Bahkan sebagian lagi ada yang mengatakan,”Ah malas bahas tentang cinta-cinta Indonesia, makan aja susah, boro-boro mikirin negara ini.” Sesempit apapun pemikirian-pemikiran ini harus dihargai.

Dalam sebuah negara yang baru merdeka 68 tahun, tentu saja untuk berkembang dan maju membutuhkan proses yang panjang dan lama dan tidak semudah dengan membalikkan telapak tangan. Untuk itu, negara ini membutuhkan anak-anak muda yang bertanggung jawab, berwawasan, dan cinta tanah air.

Kenapa kita harus mencintai tanah air ini? Tentu saja jawabannya adalah karena kelak kita anak-anak muda adalah pemimpin negara ini. Bagaimana kita bisa menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab, jika kita tak mencintai rakyat negara ini, tak mencintai tanah air ini? Jadi mulai sekarang ayo cintai negara ini.

Alasan pertama, Indonesia terkenal dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Ini membuktikan keberagaman budaya, suku, dan agama bisa bersatu dalam satu negara, Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke terbentang kekayaan alam negara,seperti hasil laut, tambang, rempah-rempah, dan kebudayaan yang merupakan kekayaan utama negeri ini. Bahkan kekayaan alam Indonesia telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai negara dengan tingkat biodeversitas kedua tertinggi setelah negara kawasan Amerika Selatan, Brazil. Hal ini membuktikan Negara Indonesia kaya akan berbagai sumber daya alam.

Alasan kedua, secara astronomis, Indonesia terletak pada 6 derajat LU (Lintang Utara)-11 derajat LS (Lintang Selatan) dan antara 95 derajat BT (Bujur Timur)- 141 derajat BT (Bujur Timur). Karena posisi astronomis Indonesia terletak pada 6 derajat LU-11 derajat LS, maka Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Secara umum, negara-negara yang beriklim tropis adalah negara yang hangat dengan sinar matahari yang melimpah. Hanya ada dua musim pada negara-negara tropis, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Itulah yang menjadikan negara kita kaya akan hasil alam, karena curah hujan yang tinggi menjadikan tanah kita subur.

Alasan ketiga, secara geografis, Indonesia berada diantara 2 benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan 2 samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik), sehingga Indonesia menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik darat, udara, maupun laut. Potensi letak geografis Indonesia yang strategis sangat menunjang dalam kemajuan kegiatan perekonomian negara Indonesia, karena Indonesia terletak di jalur perdagangan internasional. Letak geografis Indonesia menyebabkan keberagaman dalam berbagai hal seperti keragaman flora dan fauna, keberagaman jenis tanah, keberagaman vegetasi, dan sebagainya.

Alasan keempat, dari sektor pariwisata kita patut berbangga diri karena keindahan alam Indonesia yang sudah mendunia, baik dari laut, pantai, danau, dan pegunungannya. Indonesia memiliki banyak pulau dan pantai yang sangat indah. Bahkan masih banyak pulau yang belum terjamah.Sebagai contoh, Danau Toba yang terdapat di Sumatra Utara, Raja Ampat di Papua, Taman Bawah Laut Bunaken dan masih banyak lagi.
 
Alasan kelima, negara yang terdiri dari 34 provinsi ini memiliki beragam budaya yang berbeda-beda setiap provinsinya. Dari mulai rumah adat, pakaian adat, tarian adat tradisional, berbeda-beda setiap provinsinya dan merupakan kekayaan yang harus kita jaga dan lestarikan serta budayakan. Seperti tari Tor-Tor dari Sumatera Utara, Tari Piring dari Sumatera Barat, dan masih banyak lagi.
 
Alasan keenam, makanan Indonesia. Di negeri ini kita bisa menemukan beraneka ragam makanan yang tidak akan membuat lidah kita bosan untuk mencicipinya. Sebagai contoh, ikan arsik dari Sumatera Utara, Rendang dari Sumatera Barat, dan nasi tumpeng dari jawa dan masih banyak lagi.


Ya, diatas merupakan segelintir kecil alasan kenapa kita harus mencintai ibu pertiwi Tanah air Indonesia. Sebagai pemuda-pemudi Indonesia khususnya, kita harus sadar bahwa mencintai tanah air merupakan suatu kewajiban kita dalam rangka bersyukur atas apa apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan yang telah gugur membela harumnya bumi pertiwi ini. Tak pantaslah kita terlalu membanggakan negara negara lain sehingga kita lupa diri. Lihat saja Akhir-akhir ini banyak para pemuda dan pemudi indonesia di dalam negeri yang mulai bersifat ke- “jepang-jepangan” dan ke- “korea-koreaan” serta banyaknya warga negara indonesia di luar negeri yang “dijajah” hak hidupnya hanya karena mereka berwarga negara Indonesia.Mereka yang telah disebutkan diatas seakan-akan kehilangan rasa bangganya atas Indonesia. Dibawah ini adalah 10 hal dari ratusan bahkan ribuan hal hal yang bisa dibanggakan kita khususnya para pemuda pemudi indonesia yang mudah-mudahan bisa kembali membangkitkan rasa bangga mereka atas Indonesia.

1. Bulutangkis

Bulutangkis

Olah raga yang berasal dari Inggris ini telah banyak mengharumkan Nama Indonesia di pentas olahraga dunia. Inilah olahraga yang pertama kali memberikan emas olimpiade untuk Indonesia di olimpiade Barcelona tahun 1992. Total Indonesia berhasil meraih 6 emas, 5 perak, dan 5 perunggu dalam 5 olimpiade terakhir. Indonesia tak hanya mempunyai nama di bulutangkis olimpiade, tapi juga di Piala Thomas dan Uber. Di kedua ajang bulutangkis internasional ini Indonesia berhasil menjadi 13 kali juara Thomas dalam 25 kali pelaksanaan Piala Thomas dan 3 kali juara Uber dalam 22 kali pelaksanaan Piala Uber.


2. Minyak Mentah

minyak

Indonesia memang kaya akan sumber daya, salah satunya adalah emas hitam ini. Berdasarkan pada data tahun 2008, Indonesia merupakan negara OPEC dengan produksi minyak tertinggi nomor 9 dengan produksi sebanyak 0,004 barel per kapita. Indonesia juga menduduki posisi yang sama dalam cadangan minyak mentah di antara negara OPEC dengan jumlah cadangan sebesar 0,05 barel per kapita.

Cadangan minyak terbukti Indonesia per akhir tahun 2013 berada pada posisi 3,46 miliar barel. Sementara menurut statistik energi dunia yang dipublikasikan oleh perusahaan minyak dunia BP, cadangan minyak terbukti kita adalah sekitar 3,7 miliar barel. Dengan cadangan sebesar ini, publikasi tersebut menempatkan Indonesia pada urutan ke 28 negara-negara penghasil minyak. Jumlah cadangan kita ternyata jauh di bawah Venezuela dengan cadangan 298,3 miliar barel dan Arab Saudi dengan cadangan 265,9 miliar barel. Meskipun ada negara lain yang posisinya di bawah Indonesia, tidak berarti negara itu lebih “miskin” cadangan minyak, karena sesuai dengan pendekatan kedua, bisa jadi ia memiliki tingkat kesinambungan produksi yang lebih tinggi karena konsumsi minyaknya tidak sebesar Indonesia.

Saat ini Indonesia memproduksi sekitar 800,000 barel per hari. Bandingkan dengan dua negara pemilik cadangan minyak terbesar di dunia yaitu Venezuela  yang memproduksi 2,73 juta barel per hari, dan Arab Saudi memproduksi sekitar 11,53 juta barel per hari. Apabila tingkat produksi masing-masing negara dibandingkan dengan cadangan terbukti, maka akan terlihat bahwa laju pengurasan minyak di Indonesia jauh lebih tinggi dari negara-negara pemilik cadangan paling besar di dunia.Dengan asumsi tingkat produksi berada pada kisaran saat ini dan tidak ada penemuan cadangan minyak baru, cadangan minyak Indonesia diperkirakan akan habis  sekitar 11 tahun ke depan


3. Bahasa Indonesia

Ensiklopedia-Indonesia

“Kami pemuda Indonesia berjanji menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.” Sebuah kutipan dari sumpah pemuda yang dengan semangatnya bisa membawa bahasa Indonesia menjadi sebuah bahasa yang dipelajari di 45 negara di dunia. Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa kedua bagi penduduk Ho Chi Minh City yang merupakan ibu kota Vietnam dan di Australia, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa populer keempat. Tak hanya mendunia di dunia nyata, bahasa Indonesia juga mendunia di dunia maya, buktinya wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin, selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa 3 yang paling banyak digunakan dalam posting postingan di wordpress.


4. Produk Nasional Bruto

pendapatan-nasional

Meskipun Warga Negara Indonesia banyak menjadi “babu” di negara lain, tapi dalam kenyataannya Indonesia merupakan negara yang kaya dalam hal finansial. Terbukti Indonesia berada dalam peringkat ke-16 terkaya di dunia menurut data di CIA World Factbook tahun 2009. Kekayaan Indonesia menjadi $ 968,500,000,000. Jumlah kekayaan ini bahkan melebihi jumlah kekayaan Australia, Saudi arabia, Taiwan, serta Malaysia yang merupakan negara-negara tujuan orang-orang Indonesia untuk mencari penghasilan (baca: TKI)


5. Pendidikan

indonesia-mengajar-harapan-baru-dunia-pendidikan-bangsa-8b24aab

Indonesia merupakan negara dengan pendidikan yang cukup bagus. Indonesia memiliki 2.700 perguruan tinggi, 14.500 program studi, serta 1.9 juta mahasiswa. Ini merupakan jumlah mahasiswa nomor 9 terbanyak di dunia. Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang berbakat dalam tingkat internasional. Buktinya, di tahun 2009 saja Indonesia meraih medali di olimpiade kimia, biologi, fisika, dan juga komputer. Untuk olimpiade Kimia 2009 Indonesia meraih 1 perak 3 perunggu, olimpiade biologi 2009 meraih 1 emas, 1 perak, 1 perunggu, olimpiade matematika untuk siswa sekolah dasar Indonesia meraih 10 emas, 9 perak dan 5 perunggu, serta untuk olimpiade komputer Indonesia meraih 2 medali perak dan 1 perunggu.


6. Tempat Terindah

ubud-bali-indonesia-temple-anniversary-canon-eos-5d-mark-ii-24-70mm-coucla-refaat

Indonesia merupaka sebuah zamrud yang ada di khatulistiwa. Begitu Indahnya Indonesia sampai-sampai dari Bumi yang seluas ini Indonesia memiliki 3 tempat terindah di dunia. Tiga tempat itu tercantum dalam “world most beautiful 100 places”. Ketiga tempat itu adalah Pulau Bali yang berada pada peringkat ke-26, Candi Borobudur pada peringkat ke-49 dan Pulau Komodo di peringkat 66.


7. Penduduk Islam terbesar di dunia

1345348191-indonesian-muslims-celebrate-eid-alfitr_1396035

Indonesia memiliki 240.271.522 penduduk Islam dan merupakan penduduk Islam terbesar di dunia. Mereka telah berperan besar dalam sejarah bangsa ini mulai dari banyaknya pejuang Islam yang menduduki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia, sertifikat halal MUI yang menjadi acuan di 33 Negara, hingga kebangkitan Islam juga akan dimulai dari Indonesia. Simaklah hadits berikut

Dari Tsauban R.A, dia berkata, telah bersabda Rasulullah SAW, akan datang Panji Panji Hitam dari sebelah timur, seolah olah hati mereka kepingan kepingan besi. Barangsiapa mendengar tentang mereka, hendaklah datang kepada mereka dan berbaiatlah kepada mereka sekalipun merangkak diatas salju. (dikeluarkan dari Al Hasan bin Sofyan dari Al hafiz Abu Nuaim) ( dari kitab Al Hawi lil fatawa oleh Imam Sayuti). Ada yang berpendapat bahwa kata timur itu dimaksudkan kepada Asia Tenggara, di Asia Tenggara yang paling banyak muslimnya adalah Indonesia.


8. Batik

batiks

Ya, inilah warisan budaya Nusantara yang sempat menjadi “kontroversi” dengan negara tetangga. Batik adalah salah satu Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang telah diakui oleh badan kebudayaan PBB yaitu UNESCO. Banyak sekali corak batik yang ada di Indonesia ini, seperti batik Toraja, Flores, Jawa, Papua, dll. Batik memang telah mendunia, bahkan Bill Gates bos Microsoft yang kaya raya itu saja tidak malu memakai batik.


9. Kebebasan berpendapat

timthumb.php

Inilah salah satu hal yang harus sangat kita syukuri di Indonesia. Masih ingat dalam memori kita pada pemilu (tahun berapa ya?) yang berlangsung dengan lancar. Mari kita bandingkan dengan Malaysia yang rasis terhadap etnis selain etnis melayu, Singapura yang tak memberi tempat untuk suara alternatif selain pemerintah, Thailand yang masih terdapat pertentangan antara kelompok Thaksin dengan lawannya, dan Filipina dengan peringkat sebagai negara tanpa perang dengan ancaman tertinggi untuk wartawan. Kita juga masih sangat ingat kepada demo yang diprediksi diikuti oleh 40.000 orang pada tanggal 28 Januari 2010 yang berlangsung tanpa adanya masalah yang serius. Betapa kita diberikan kebebasan di Indonesia ini.


10. Kekuatan Militer

4666944-3x2-940x627
Kekuatan Militer Indonesia terbaru sekarang ini bisa dikatakan sudah mulai mengejar ketertinggalan dengan tetangga sehingga sudah sejajar dengan tetangga. Bukan tidak mungkin dalam waktu dekat ini, kekuatan militer Indonesia kemungkinan akan menyalip dan mendahuli kekuatan militer negara tetangga. Jika dulu kekuatan militer Indonesia masih cukup tertinggal dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Singapur dan lainnya, maka dengan kekuatan militer Indonesia terbaru 2015 nanti, sepertinya kekuatan militer Indonesia sudah sejajar dengan tetangga tersebut.

Penambahan kekuatan militer Indonesia melalui penambahan alutista TNI untuk ini bisa dikatakan mengalami peningkatan signifakan di tahun 2014 ini sebagai hasil dari belanja alutsista yang dilaksanakan pemerintah memalui program Minimum Essential Force (MEF) Restra I yang sudah dijalankan pada tahun 2009 sampai 2014 ini. Hasil dari belanja alutsista TNI pada MEF I ini bisa kita lihat dalam event HUT TNI ke-69 yang dirayakan beberapa waktu lalu di Surabaya. Dalam event ini terlihat jelas kekuatan militer indonesia yang sebenarnya. Dalam event ini ada banyak sekali alutsista kelas wahid yang baru tiba di Indonesia yang dipamerkan kepada rakyat Indonesia, diantaranya MBT Leopard, KRI Bung Tomo Class, Su-30/27, dan masih banyak lagi.

Namun penambahan kekuatan militer Indonesia ini tidak akan berhenti hanya sampai tahun 2014 saja. Bisa dipastikan bahwa kekuatan militer Indonesia 2015 nanti juga akan mengalami peningkatan terus menerus bahkan sampai dengan tahun 2024 nanti. Jika tidak ada kendala berarti kita akan melihat kekuatan militer Indonesia 2024 yang sangat ditakuti dan disegani oleh negara lainnya.

Penambahan kekuatan militer Indonesia pada tahun 2014 yang lalu akan penulis paparkan dibawah ini. Daftar ini juga dilengkapai dengan alutsista-alussita TNI yang juga akan menambah kekuatan militer Indonesia 2015 nanti. Berikut datanya saya sampaikan dibawah ini

Kekuatan Militer Indonesia Terbaru 2015 untuk TNI AD

Penambahan kekuatan militer Indonesia untuk sector angkatan darat (AD) ditandai dengan banyaknya alutsista TNI AD terbaru dalam tahun 2014 ini. Hal ini ditanadai dengan bergabungnya alutsista kelas wahid untuk menambah kekuatan militer Indonesia sector Angkatan darat, diantaranya adalah MBT Leopard, Howitzer 155mm Caesar, MLRS Astross II Mk6 dan masih banyak lagi. Bahkan Alutsista TNI AD akan dilengkapi dengan Helikopter serang terbaik dunia yaitu AH-64E Apache dari Amerika serikan beberapa tahun mendatang.
Berikut daftar alutsista TNI AD terbaru yang akan menambah kekuatan militer Indonesia tahun 2015 ini :

a.	103 unit MBT Leopard 2A4/2RI (sekitar 30 unit sudah tiba di Indonesia)
b.	50 unit IFV Marder (sekitar 22 unit sudah tiba di Indonesia)
c.	38 unit Howitzer 155 mm Caesar ( 4 unit sudah tiba)
d.	36 unit MLRS Astross II Mk6 (beberapa sudah tiba di Indonesia)
e.	24 unit Heli Bell-412 EP (sebagain sudah di serahkan sejak 2013)
f.	12 unit Heli serang Fennec (sebagian akan direahkan tahun ini)
g.	Upgrade AMX-13 (sedang berjalan)
h.	Panser Anoa (produksi dalam negeri)
i.	5 Battery Rudal Starstreak
j.	5 Battery Rudal Mistral

Selain daftar alutsista diatas,kekuatan militer Indonesia 2015 nanti masih akan ditambah dengan alutsista-alutsista yang sedang dalam proses pembuatan dan akan datang dalam beberapa waktu kedepan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

a.	180 unit Rudal Anti Tank Javelin 
b.	150 Rudal Anti Tank Nlaw
c.	8 unit Helikopter Serang AH-64 E Apache
d.	dll

Kekuatan Militer Indonesia Terbaru 2015 untuk TNI AU

Selain TNI AD, kekuatan militer Indonesia untuk sector angkatan udara juga akan mengalami peningkatan berarti yang ditandai dengan berdatangannya alutsista terbaru TNI AU sepanjang tahun 2015 nanti. Pesawat tempur Hibah Upgrade F-16 ‘setara’ Block 52 dari Amerika sudah mulai berdatangan. Berikut adalah daftar penambahan kekuatan militer Indonesia terbaru 2015 nanti untuk Angkatan Udara :

a.	16 unit Super Tucano EMB-314 (8 unit sudah datang)
b.	16 unit T-50i (sudah datang semua)
c.	24 unit F-16 setara Block 52 (5 unit sudah tiba)
d.	9 unit pesawat angkut C-295 (7 sudah diterima)
e.	9 unit Pesawat Angkut C-130 H (2 unit sudah diterima)
f.	6 unit Heli Cougar (dalam proses produksi)
g.	1 Simulator Sukhoi
h.	2 Battery Skyshield 35 Mk-2 (sudah tiba)

Selain itu, kekuatan militer Indonesia 2015 sektor angkatan udara juga akan ditambah dengan Upgrade 10 F-16 Block 15 OCU, penggantian F-5 TNI AU, penambahan 7 unit C-295 dan lainnya. Penambahan alutsista ini akan membuat kekuatan militer Indonesia terbaru 2015 nanti akan semakin disegani negara tetangga.

Kekuatan Militer Indonesia Terbaru 2015 untuk TNI AL

Kekuatan militer Indonesia 2015 nanti untuk sector angkatan laut juga akan mengalami peningkatan yang cukup berarti. Hal ini ditandai dengan berdatangannya alutsista-alutsista terbaru untuk TNI AL. Sebut saja Kapal perang KRI Bung Tomo Class yang merupakan ex NR Class yang batal di beli Brunei. Penambahan kekuatan militer Indonesia untuk sector angkatan laut diatanranya adalah sebagai berikut :

a.	3 unit pesawat patrol Maritim CN-235 MPA (akan tambah 2 unit lagi)
b.	37 unit Tank Amfibi BMP-3F (sdauh tiba)
c.	5 unit BTR-4
d.	11 unit Heli Anti Kapal Selam Panther
e.	3 unit Light Fregat Bung Tomo Class (sudah tiba)
f.	3 unit KCR-60 (akan ditambah)
g.	8 unit KCR-40 (akan ditambah)
h.	3 unit Kapal LST (1 sudah diserahkan)
i.	2 Kapal perang jenis Bantu Cair Minyak
j.	dll

Selain itu kekuatan militer Indonesia 2015 juga akan ditambah dengan alutsista terbaru TNI AL dengan mendatangkan 3 unit Kapal Selam DSME-209 dari Korea Selatan yang saat ini masih dalam pengerjaan. Selain itu, 2 unit kapal Perang jenis PKR (perusak Kawal Rudal) Sigma-10514 juga sedang dibuat di Belanda dengan opsi penambahan sampai 10 unit.


Masih banyak beribu alasan dan hal hal yang membuat kita bangga setiap kali mendengar kata Indonesia. Ayo anak negeri, cintai Indoensia. Karena kalau bukan kita yang mengharumkan nama Indonesia, siapa lagi?

Sumber :

http://citizen6.liputan6.com/read/731654/kenapa-harus-mencintai-indonesia

https://cintailahindonesia.wordpress.com/2011/03/18/inilah-10-hal-yang-membuat-warga-indonesia-bangga/

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/18/090911826/Benarkah.Indonesia.Kaya.Minyak.

Iklan

One comment on “MENGAPA KITA HARUS BANGGA DAN CINTA TANAH AIR (Softskill)

  1. teruskan perjuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: