Tinggalkan komentar

Pengenalan Macromedia Director

Gambar

I. PENGENALAN MACROMEDIA DIRECTOR

Macromedia adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis dan pengembangan web. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dan telah berkembang pesat pada tahun 1990-an dan 2000-an. Pada Desember 2005 Macromedia diakuisisi salah satu perusahaan saingannya, Adobe Systems, tetapi Adobe sementara ini masih tetap menggunakan nama Macromedia pada sejumlah programnya.

Macromedia didirikan melalui merger antara Authorware Inc dan MacroMind-Paracomp.Hingga pertengahan 1990-an, Macromedia Director yang digunakan untuk memproduksi CD-ROM dan kios-kios informasi masih merupakan produk unggulan Macromedia, namun seiring meningkatnya popularitas World Wide Web Macromedia menciptakan Shockwave, sebuah plugin Director bagi penjelajah web serta pada tahun 1996 mengakuisisi dua perusahaan berorientasi web, FutureWave Software (yang membuat Future Splash Animation – yang kemudian berkembang menjadi Flash) dan iBand Software (pembuat perangkat lunak authoring HTML – yang digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan Dreamwever). Tahun 2001 Macromedia mengakuisisi Allaire, yang mengembangkan Cold Fusion sebelum pada akhirnya pada tahun 2005 Macromedia sendiri dibeli sepenuhnya oleh Adobe.

 

Macromedia Director dengan Lingo script-nya merupakan paket software authoring multimedia yang sangat powerful yang bisa digunakan, baik pada sistem operasi Windows maupun Macintosh, yang dalam hal ini berarti cross platform. Pada saat modul ini dibuat, banyak yang beranggapan bahwa Director hanya sekadar sofware untuk membuat presentasi dinamis. Lebih dari itu, dengan Director kita bisa membuat movie multimedia (hasil karya multimedia yang kita buat dengan Director) dengan memanipulasi media elemen, yang disebut cast member atau script Lingo. Mulai dari movie sederhana seperti animasi gambar sampai movie yang kompleks seperti chat online, video ataupun game yang bisa dikemas dalam format aplikasi atau shockwave untuk digunakan di web atau aplikasi yang siap pakai dalam hard disk, DVD atau CDROM.

 

II.Manfaat dan kegunaan dari Macromedia Director

ü  Mendukung proyek-proyek multimedia baik 2D dan 3D

ü  Membuat animasi/kartun dalam 2D

ü  Bisa digunakan dalam membantu mengedit video

ü  Membantu dalam pembuatan isi konten WEB

ü  Dapat digunakan untuk membuat CD Interaktif

ü  Bisa Juga digunakan dalam pembuatan game

ü  DLL

 

III. Kebutuhan Sistem

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita melihat dahulu kebutuhan minimum hardware dan software untuk bisa menjalankan Director pada sistem Windows.

• Prosessor: Intel Pentium 111 450 MHz (atau yang lebih tinggi)

• Sistem operasi: Windows 9x, 2000 atau Windows XP

• Memori: Minimal 64 MB RAM (lebih dianjurkan 128 atau 256)

• Hardisk: Sekitar 100 MB ruang hard disk kosong

• VGA Card: 16 MB

• Monitor: 256 color dan Resolusi 800 x 600

• Browser: Internet Explorer 4.0 (atau yang lebih baru), Netscape Navigator 4.0 (atau

yang lebih baru)

• Renderer: DirectX 7.0 atau OpenGL 1.0

• CD-RW: untuk merekam movie ke VCD atau CD Interaktif

• Speaker

 

IV. Persiapan

Sebelum mempraktekkan tutorial selanjutnya, sebaiknya software Macromedia Director telah di Install terlebih dahulu. Pada versi 2004 MX (dapat disebut juga Macromedia Director versi 10).

Alasan menggunakan Macromedia Director Macromedia Director MX 2004 :

1. Mempunyai interface dan perintah yang sama seperti versi sebelumnya (versi 7, 8 dan 8.5). sehingga pengguna Macromedia Director dengan versi rendah dapat menggunakan modul ini

2. Kemampuan Macromedia Director MX dibandingkan dengan versi MX 2004 tidak terlalu prinsip.

3. Meskipun rekan anda menggunakan Macromedia Director versi MX 2004 atau lebih tinggi, tetap dapat dibuka / open di Macromedia Director MX atau lebih rendah.

4. Efiensi : memori yang digunakan di Macromedia Director 2004 MX jauh lebih besar dibandingkan Macromedia Director MX. Sehingga saat pembuatan dan menjalankan pekerjaan multimedia kita terasa lebih berat dan lambat

5. Dapat berjalan baik / compatible di semua sistem operasi seperti Windows 9x, ME, 2000 dan XP Home / Professional, sedangkan Macromedia Director versi 8.5 ke bawah akan bermasalah pada long file name Cast Member bila dijalankan di Windows XP.

6. Compatibel / cocok dipadukan dengan Macromedia Flash MX. Animasi dan script (umumnya) pada Macromedia Flash dapat diimport dan berjalan tanpa masalah di Macromedia Director.

7. Mulai Macromedia Director versi 8.5, ditambah kemampuan 3 Dimensi dengan engine DirectX dan OpenGL yang biasa dipakai untuk Game 3D saat ini. Untuk anda yang mempunyai VGA Card merk Nvidia kelas GeForce lebih optimal dengan engine OpenGL. Untuk pemakai ATI kelas Radeon engine yang cocok dan optimal adalah DirectX.

 

V. JENDELA JENDELA PADA DIRECTOR

•Dua jenis jendela dalam Direktor adalah Jendela documen dan Jendela tool.

•Jendela document digunakan untuk membuat atau mengedit conten.

•Tool window digunakan untuk melihat dan memodifikasi property dari conten.

•Jendela Paint adalah Jendela documen yang digunakan untuk membuat dan mengedit gambar.

•Property Inspector adalah Jendela tool yang digunakan untuk melihat property dari anggota gambar (dalam tab anggota).

•Beberapa property anggota cast ditampilkan dalam Property Inspector . Terdapat property yang tidak dapat diedit, seperti tanggal pembuatan, sedangkan property yang lain dapat dimodifikasi,

•Stage, Score dan Cast adalah Jendela documen.

•Tool pallete, control panel adalah Jendela tool.

 

VI. JENDELA UTAMA DIRECTOR

  • Score mengorganisasikan dan mengkontrolisi film dalam padawaktu dalam channel dan frame. Selain itu juga mengkontrol efek khusus seperti transisi.
  • Cast window menampilkan semua media yang membuat sebuah film, seperti gambar, teks, suara dan video digital. Media tersebut dapat dilihat sebagai serangkaian icon-icon atau sebagai sebuah daftar teks ketika berada dalam mode list view.
  • Stage adalah‘layar’ dimana film-film dibuat. Stage digunakan untuk menentukan dimana semua media yang ada dalam sebuah film ditampilkan.
  • Property Inspector menampilkan property dari berbagai macam elemen dari sebuah film seperticast member, sprite, atau film itu sendiri.
  • Control Panel menyediakan sekumpulan control yang mirip dengan yang ada pada VCR untuk melakukan sesuatu terhadap sebuah film seperti pause, play or rewind.

 

Gambar

Tampilanpada macromedia director mx 2004

 

VII. KEUNGGULAN MACROMEDIA DIRECTOR MX 2004

1. Zoom Stage

Zoom Stage merupakan fasilitas untuk memperbesar tampilan pada stage yang akan dibuat. untuk melakukannya cukup menekan tombol Ctrl dan tombol (+) atau (-) pada keyboard

Langkah untuk memperbesar stage:                      Langkah untuk meperkecil stage ;

1. Pastikan jendela stage terpilih                              1. Pastikan jendela stage terpilih

2. tekan tombol Ctrl dan tombol (+)                        2. tekan tombol Ctrl dan tombol (-)

2. Cast Member

Macromedia Director MX 2004 menampilkan beragai media ataau elemen. Elemen atau media tersebut dapat anda kelompokkan agar tidak kebingunan dalam memilih. Elemen atau media tersebut dikelompokkan di dalam cast member.

3. Kompresi Bitmap

Dengan kompresi bitmap memungkin untuk melakukan komperasi gambar dapat ditampilkan atau di download oleh orang lain di internet dengan mudah tanpa mengurangi kualitas gambar.

4.  Lock And Unlock Sprite

Dalam Macromedia Diretor MX 2004 dapat melakukan penguncian pada sprite yang ada pada stage. Fungsi Lock tersebut adalah agar sprite tidak dapat di edit. Atau juga dapat membukannya kembali atau Unlock.

5. Peletakan pada Guide dan Grid

Dengan Guide dan Grid, anda dapat meletakan sprite agar sejajar secara vertikal  maupun horizontal dengan garis Guide. Dengan demikian, dapat meletakkan sprite dalam posisi yang diinginkan yang tertata rapi.

6. Mengontrol Gambar Bitmap dengan Lingo

Dapat memanipulasi dan membuat gambar bitmap menggunakan Script Lingo.

7. Memainkan Audio dengan Lingo

Dengan script lingo, anda dapat mengatur audio dan dapat dengan leluasa memainkan dan menghentikan audio untuk yang ada pada Score.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: