Tinggalkan komentar

5 Penyebab Ponsel atau Smartphone cepat panas

image

1. Kesalahan penggunaan

Terlalu sering menggunakan ponsel anda untuk sms-an ria, telepon, mendengarkan musik maupun internetan akan menyebabkan overheat sebab prosesor, GPU, RAM dituntut untuk bekerja keras yang dalam hal ini membutuhkan energi lebih banyak dari baterai.Pergunakanlah ponsel anda dengan bijak, jangansampai memforsir energi ponsel anda, selain menyebabkan baterai cepat habis dan panas, hal ini juga menyebabkan ponsel anda pensiun lebih cepat. Gunakanlah dalam jangka waktu, misalnya 2 x 2 jam lebih baik daripada digunakan 1 x 4 jam

2. Cuaca yang panas

Keadaan ruangan yang panas serta suhu udara yang tinggi juga berpengaruhterhadap ponsel. Suhu ponsel akan terbawa dengan suhu sekitar. Untuk menghindarinya, gunakanlah gadget anda di tempat yang sejuk (sama seperti ketika anda menggunakan Laptop atau Komputer yang memerlukan kipas untuk menstabilkan suhu).
Pergunakanlah jari anda untuk memegang, bukan telapak tangan anda karena suhu dari telapak tangan akan membuat gadget bertambah panas.

3. Intensitas Sinyal

Jika anda menggunakan gadget di tempat yang minim sinyal apalagi digunakan untuk internetan, akan mempercepat ponsel anda panas sebab ponsel masih terus bekerja untuk menemukan sinyal. Gunakanlah ponsel untuk internetan di tempat yang memang anda yakin ada sinyal yang cukup. Terlalu memaksakan menggunakan jaringan (3G/WCDMA Only misalnya) juga dapat membuat ponsel cepat panas jika jaringan di tempat anda lebih stabil di 2G/EDGE s. Gunakanlah jaringan yang cocok.

4. Banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan

Kerap kali kita membiarkan beberapa aplikasi masih berjalan dibalik layar atau di background. Hal ini menyebabkan gadget cepat panas akibat kerja multitasking yang terkadang malah sebagian tidak kita gunakan. Sebaiknya gunakan tombol / softkey back atau menu exit setelah menggunakan aplikasi. Menggunakan tombol Home untuk menutup aplikasi menyebabkan aplikasi tetap berjalan dibalik layar sehingga akan membebani kinerja prosesor.

5. Kerusakan baterai

Baterai yang terlalu sering digunakan biasanya mengalami kerusakan atau aus. Tanda- tandanya biasanya baterai akan kembung bahkan bisa keluar cairan dari baterai. Jika baterai anda rusak, segera gantilah karena jika tidak dapat menyebabkan kerusakan lain pada ponsel anda dan jangan lupa belilah yang original untuk menjamin kualitasnya.

Semoga Bermanfaat 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: