Tinggalkan komentar

Contoh Soal Manajemen Umum

1. Salah satu cara yang dapat ditempuh organisasi dalam mengendalikan perubahan lingkungan adalah :
A. mengendalikan lingkungan sesuai perubahan yang terjadi
B. mengkoordinasi elemen agar tanggap
C. memonitor perubahan di luar organisasi yang berhubungan
D. ikut menciptakan lingkungan yang baik

2. Strategi yang dapat dilakukan perusahaan dalam menciptakan hubungan yang antara organisasi dengan elemen-elemen utama yang mempengaruhi antara lain …
A. merubah bidang usaha                                             B. integrasi dengan perusahaan lain
C. bergabung dengan asosiasi perusahaan sejenis  D. aktivitas politik

3. Salah satu strategi dalam mengendalikan lingkungan agar tidak berbahaya dan dapat menguntungkan organisasi adalah …
A. kooptasi   B. pengangkatan eksekutif   C. iklan dan humas   D. aktivitas politik

4. Salah satu lingkungan internasional yang perlu diperhatikan adalah lingkungan ekonomi. Di bawah ini yang tidak termasuk faktor-faktor lingkungan ekonomi adalah …
A. infrastruktur   B. instabilitas politik   C. pasar sumber daya dan produk   D. tingkat suku bunga

5. Fasilitas seperti transportasi, penghasil energi, dan komunikasi termasuk unsur-unsur dari salah satu faktor lingkungan ekonomi, yaitu faktor …
A. perkembangan ekonomi   B. infrastruktur   C. pasar sumber daya dan produk   D. kurs dan nilai tukar

6. Selain nilai-nilai sosial, ada karakteristik budaya lainnya yang mempengaruhi organisasi internasional. Di bawah ini yang bukan termasuk karakteristik budaya lainnya adalah …
A. bahasa   B. agama   C. organisasi sosial   D. hukum masyarakat

7. Jika suatu perusahaan melakukan aktivitas pengelolaan aktivitas produktif di negara asing, maka perusahaan tersebut menggunakan strategi …
A. outsourcing   B. kegiatan ekspor   C. lisensi   D. investasi langsung

8. Suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai dengan mengambil langkah-langkah strategis guna mencapai tujuan tersebut. Adalah definisi dari fungsi …
A. pendelegasian   B. pengendalian   C. produksi   D. perencanaan

9. Salah satu tipe rencana sekali pakai yang sering digunakan adalah perencanaan …
A. proyek   B. tetap   C. objek   D. jangka panjang

10. Perencanaan yang berusaha memprediksi kesesuaian antara produk dengan keinginan dan kebutuhan konsumen adalah bentuk perencanaan dengan pendekatan …
A. MBO   B. social demand   C. cost-benefit ratio   D. kontingensi

11. Proses pemilihan dan penilaian berbagai alternatif diawali dengan mengidetifikasi masalah yang mempengaruhi …
A. efektivitas   B. tujuan   C. produktivitas   D. peranan fungsi manajemen

12. Berkurangnya kualitas proses pembuatan keputusan akan meninggalkan kemungkinan bagi pembuat keputusan menghadapi masalah dalam hal …
A. perencanaan   B. implementasi   C. evaluasi   D. pemilihan alternatif

13. Proses pembuatan keputusan sering kali kurang memuaskan banyak pihak. Hal ini seringkali disebabkan oleh adanya keterbatasan …
A. informasi yang tidak lengkap                B. kemampuan menginterpretasikan hasil
C. pengetahuan pengambil keputusan     D. kemampuan organisasi

14. Adanya pembagian tugas dan tanggung jawab untuk setiap orang dalam sebuah organisasi menunjukkan bahwa …
A. pembagian tugas dan pekerjaan adalah untuk tidak menentukan bentuk organisasi
B. orang-orang yang akan melaksanakan pekerjaan sesuai dengan keinginan pimpinan
C. kegiatan yang sama tidak akan dilakukan oleh semua karyawan
D. fungsi manajemen harus dilaksanakan sesuai dengan arahan pimpinan

15. Selain memberikan deskripsi tentang pembagian dan pembidangan pekerjaan/tugas, maka struktur organisasi juga mendeskripsikan tentang …
A. hubungan kerja sebagai suatu jaringan
B. prosedur kerja bawahan
C. proses memperbaiki kerja sama antara karyawan dengan pimpinan
D. membentuk saluran komunikasi

16. Produk aktivitas setiap organisasi yang sedang membutuhkan pembidangan dan pembagian tugas adalah …
A. kelompok kerja yang sama latar belakang kemampuannya
B. sejumlah tugas atau pekerjaan sejenis sebagai keragaman dalam satu-satuan atau unit kerja
C. bentuk suatu struktur organisasi yang terdiri dari unti atau satuan kerja
D. bobot wewenang dan tanggung jawab setiap manajer

17. Salah satu fungsi jejaring kerja eksternal (external network) adalah …
A. mewakili organisasi ketika menjalankan tugasnya
B. menugaskan setiap unit tugas menjelaskan misi organisasi
C. membina hubungan dengan organisasi lain
D. membantu organisasi menjabarkan misi unit kerja kepada masyarakat

18. Dalam kehidupan globalisasi saat ini maka organisasi yang dinamis dan selalu siap adalah organisasi yang ingin bertahan dan maju harus mampu melakukan …
A. dinamika kerja, tanggap terhadap perubahan, dan siap berkompetisi
B. kerja sama dengan negara lain
C. diversifikasi produk sesuai kebutuhan
D. persaingan bebas dengan setiap produk lain

19. Organisasi yang menuntut interaksi otoritas yang tegas dan hubungan struktural di dalam sebuah organisasi disebut dengan organisasi …
A. formal   B. fungsional   C. kemasyarakatan   D. heterogen

20. Salah satu manfaat dari koordinasi …
A. memberi pedoman atas peranan mereka dalam tugas masing-masing unit kerja
B. memfungsikan egoisme jabatan atau unit/satuan kerja
C. mewujudkan kerja sama yang efektif dan efisien diantara mereka
D. meningkatkan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan unit kerja masing-masing

Untuk kunci jawaban Kunjungi  : http://tny.cz/61ecdca7

Password kunci jawaban            : arifashkaf.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: